Jumat, Juli 12, 2013

Setting Modem Speed Up SU-8650U di Linux Mint 14

Alhamdulillah, akhirnya bisa juga konek internet dengan USB Modem di Linux Mint. Walau awalnya sempat hampir putus asa, tapi gak mau nyerah karena penting buat kelangsungan hajat pekerjaan yang mewajibkan untuk tetap online. System requirement : laptop ASUS eeePC dengan OS Linux Mint 14 (Nadia), USB Modem Speed Up SU-8650U, dan SIM card (dalam kasus ini, penulis menggunakan operator Telkomsel)

Pertama yang perlu di lakukan adalah menginstall usb-modeswitch dan wvdial. Masuk ke "Terminal" ("Menu" --> "Accesories" --> "Terminal") kemudian ketikkan sudo apt-get install usb-modeswitch untuk menginstall usb-modeswitch, dan ketikkan sudo apt-get install wvdial untuk menginstall wvdial.

Kemudian lihat list USB dengan mengetikkan lsusb pada terminal.
Maka akan terdeteksi beberapa device seperti tertampil pada gambar diatas. Menurut referensi di internet, USB Modem Speed Up adalah Bus 001 Device oo2: ID 1c9e:9605 OMEGA TECHNOLOGY.

Kemudian edit file konfigurasi usb_modeswitch dengan mengetikkan sudo gedit /etc/usb_modeswitch.conf pada terminal. Masukkan parameter berikut:

DefaultVendor=0x1c9e
DefaultProduct=0xf000
TargetVendor=0x1c9e
TargetProduct=0x9605

Simpan, kemudian tutup gedit.

Kembali ke terminal, ketikkan sudo modprobe usbserial vendor=0x1c9e product=0x9605.

Kemudian edit file konfigurasi wvdial dengan mengetikkan sudo gedit /etc/wvdial.conf pada terminal. Masukkan parameter berikut:


[Dialer Defaults]

Init1 = ATZ

Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0

Init3 = AT+CGDCONT=1,”ip”,”internet”

Password = 'wap'
Phone = *99#
New PPPD = yes
Modem Type = Analog Modem
Stupid Mode = yes
Baud = 9600
Auto DNS = 1
Dial Command = ATDT
Modem = /dev/ttyUSB1
ISDN = 0
Username = 'wap123'
Carrier Check = no

Simpan, kemudian tutup gedit, lalu kembali ke terminal. Untuk menjalankan wvdial, ketikkan sudo wvdialconf.

Last, but not least, masuk ke menu "Preferences", kemudian pilih "Network Connection". Pada tab "Mobile Broadband", pilih "Add". Ikuti wizard yang ada, mulai dari pemilihan device, negara, network provider, billing plan, kemudian "Apply" setting.  Masukkan parameter setting modem sebagai berikut:

Number: *99#
Username: wap
Password: wap123
APN: telkomsel
Type: 3G (UMTS/HSPA)
Centang opsi "Connect Automatically" 

Kemudian save.

Jika masih belum terhubung pada internet, periksa sambungan pada tray icon, kemudian pilih "Telkomsel Flash dst". Jika masih belum bisa terhubung, coba restart komputer/laptop.

Demikian sedikit sharing tentang setting modem di Linux Mint. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: