Rabu, Februari 05, 2014

Meng-install TP-LINK Nano USB Wireless Adapter di Linux Mint 14

Entah kenapa juga on-board wireless driver laptop Asus kesayangan ini tiba-tiba ngga detect. Padahal kalau dilihat dari hasil perintah rfkill list ga ada yang di-block baik secara soft blocked atau hard blocked. Mungkin drivernya ngilang atau ada sebab lain, entahlah.

Alhasil, penulis melirik ke Nano USB Wireless Adapter, produk dari TP-LINK dengan nomor model TL-WN725n Ver:2.0 yang biasanya dipakai laptop Lenovo. Bedanya Lenovo menggunakan OS Win7, sementara yang Asus masih setia pada Linux Mint 14 Nadia, dimana driver bawaan TL-WN725N yang hanya kompatibel dengan Win7.

Merujuk pada artikel berikut, penulis berhasil meng-install USB Wireless Adapter tersebut dengan bantuan driver rtl8188eu.

Download dan Install Driver yang Diperlukan

Setelah melakukan pencarian dengan parameter Vendor ID dan Product ID hasil dari lsusb, penulis mendapatkan driver yang paling sesuai dengan USB Wireless Adapter milik penulis (0bda:8179).

Silahkan download, kemudian ekstrak file *.zip tersebut. Buka terminal dan login sebagai root($sudo -i), kemudian navigasi ke direktori hasil ekstrak sebelumnya (#cd /home/[nama_user]/Downloads/rtl8188eu-master).

Compile semua file dengan perintah #make all. Tunggu hingga seluruh proses selesai, kemudian install driver dengan perintah #make install.

Salin firmware rtl8188eufw.bin ke direktori /lib/firmware/rtlwifi untuk menghindari pesan "Device is not ready" dari Network-Manager (#cp rtl8188eufw.bin /lib/firmware/rtlwifi/).

Blacklist Driver

Untuk dapat menggunakan USB Wireless Adapter ini, kita perlu mem-blacklist driver. Ubah file /etc/modprobe.d/blacklist.conf dengan perintah #gedit /etc/modprobe.d/blacklist.conf(catatan: setiap perintah dengan awalan # menunjukkan bahwa perintah tersebut dieksekusi dengan root privilege).

Pada baris terahir, tambahkan konfigurasi: blacklist rtl8188eufw

Terahir, lepas USB Wireless Adapter, kemudian tancapkan kembali supaya sistem dapat mengenali kembali. Jika USB masih belum dapat dikenali, reboot sistem. It will help you.


-----------
Terimakasih kepada lwfinger untuk repositori driver yang anda sediakan.
Terimakasih kepada Tal Galili, admin dari www.r-statistics.com.

Tidak ada komentar: